Compiere
-->
Compiere
adalah software ERP yang open source ERP (Enterprise Resource Planning) itu
sendiri adalah sistem informasi yang di peruntukkan bagi perusahaan manufaktur
maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomatiskan proses bisnis
yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan
bersangkutan. Langkah-langkah menginstal compiere yaitu pertama kita install databasenya
terlebih dahulu, setelah itu kita instal JDKnya, kemudian kita ekstrak
compierenya lalu kita atur databasenya. Kemudian setup kliennya, untuk memulai
kliennya masukkan nama dan passwordnya. Berikut ini adalah gambar awal compiere :
1. Ignore : tidak menyimpan data yang baru saja diinput.
2. Help : menampilkan window help.
3. New Record : untuk membuat atau memulai record baru.
4. Delete : Menghapus data yang sudah di input.
5. Save : menyimpan data yg diinput untuk disimpan dalam database.
6. Refresh : Menampilkan data yang baru diinput sehingga data yg lama tidak tampil dalam window.
7. Find : mencari data yang dapat meliputi pencarian customer, vendor , client dan lainnya.
8. Attachment : digunakan untuk pengiriman database ke user yang meminta pengiriman melalui web.
9. Data Grid : Menampilkan seluruh database yang berupa tabel.
10.History : tampilan kalender yang menentukan tanggal dibuatnya database dalam compiere dan menampilkan seluruh data berdasarkan tanggal.
Berikut
ini adalah menu-menu pada compiere :
·
Menu Business Partner
Business Partner adalah suatu
entity(badan/pihak) yang melakukan bisnis dengan perusahaan. Ada tiga jenis Business
Partner yang berbeda : Vendor (Pemasok), Customer (Pelanggan) Dan Employee
(Karyawan). Konsep Business Partner Compiere jauh lebih fleksibel dibanding
kebanyakan aplikasi, karena suatu Business Partner bisa merupakan suatu Vendor,
suatu Customer, suatu Employee atau kombinasi ke tiganya. Pendekatan ini juga
memudahkan kendali akses untuk fungionalitas “self-service’ dan mengijinkan
analisa regional dan optimisasi pengiriman.
·
Menu Sales Order
Sales order merupakan modul untuk
mengelola penjualan dari suatu pemesanan. Sales order dikatakan memenuhi yaitu
jika k\jumlah pesanan = jumlah yang dikirimkan dan juga jumlah faktur.
·
Partnet Relation Management
Menghubungkan beberapa client dimana
masing-masing client melakukan distribusi management dan request data.
·
Material Management
Membuat customer shipment dalam
tumpukan atau individu per order dan membandingkan dengan Puchase order atau
vendor invoice.
·
Performance Analysis
Menjelaskan tentang pembayaran dan dimensi Akuntasi
dalam suatu aplikasi, dalam sistem tradisional dikenal dengan Neraca dan Jurnal
umum yang terhubung dengan pemasukkan data akuntansi dalam compiere.