Kamis, 19 Mei 2011

Tugas Teori Organisasi Umum 2

1. Coba anda ukur tentang konsep diri!
Terbuka 10<--------------------->-10 Tertutup
Konsep diri merupakan suatu bagian yang penting dalam setiap pembicaraan tentang kepribadian manusia. Konsep diri merupakan sifat yang unik pada manusia, sehingga dapat digunakan untuk membedakan manusia dari makhluk hidup lainnya. Konsep diri adalah pandangan individu mengenai siapa diri individu, dan itu bisa diperoleh lewat informasi yang diberikan lewat informasi yang diberikan orang lain pada diri individu.
Terbuka 10 -10 Tertutup
Saya itu orangnya cukup terbuka, tetapi terbukanya hanya pada orang-orang yang saya sudah kenal lama atau teman dekat saya dab kepada orang yang mengerti akan sifat saya. Saya tidak terlalu terbuka kepada orang-orang yang baru saya kenal tidak terlalu lama.
2. Coba anda tanyakan ke teman anda tentang konsep diri anda?
Menurut pendapat teman saya: pertama kali kenal saya dia bilang saya itu orangnya pendiem tapi setelah mengenal saya lebih jauh saya itu orangnya terbuka, baik, asik diajak cerita, moodian. Sedangkan menurut teman saya yang lain saya itu orangnya pendiem, baik, asik, moodian.
3. Apa yang dimaksud dengan motivasi?
Motivasi adalah sebuah alasan atau dorongan seseorang untuk bertindak.
4. Dalam kepemimpinan ada sifat demokratis dan otokratis, coba jelaskan!
Demokratis berasal dari dua kata yaitu demos yang berati rakyat dan kratos yang berarti pemerintahan. Demokrasi merupakan bentuk atau mekanisme sistem pemerintahan suatu negara sebagai upaya mewujudkan kedaulatan rakyat atas negara untuk dijalankan oleh pemerintah negara tersebut.
Otokratis : kepemimpinan yang dilakukan seorang pemimpin dengan perilaku otoriter.
pemimpin bertipe otokratis menyatakan bahwa dirinya adalah pusat kekuasaan
dan kewenangan sehingga ia berhak menjadikan anak buah sesuai dengan
kehendaknya.
5. Apa yang dimaksud dengan teori x dan teori y. Bagaimana penerapan dalam kepemimpinan?
-Teori x
Teori ini menyatakan bahwa pada dasarnya manusia adalah makhluk pemalas yang tidak suka bekerja serta senang menghindar dari pekerjaan dan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Pekerja memiliki ambisi yang kecil untuk mencapai tujuan perusahaan namun menginginkan balas jasa serta jaminan hidup yang tinggi. Dalam bekerja para pekerja harus terus diawasi, diancam serta diarahkan agar dapat bekerja sesuai dengan yang diinginkan perusahaan.
-Teori y
Teori ini memiliki anggapan bahwa kerja adalah kodrat manusia seperti halnya kegiatan sehari-hari lainnya. Pekerja tidak perlu terlalu diawasi dan diancam secara ketat karena mereka memiliki pengendalian serta pengerahan diri untuk bekerja sesuai tujuan perusahaan. Pekerja memiliki kemampuan kreativitas, imajinasi, kepandaian serta memahami tanggung jawab dan prestasi atas pencapaian tujuan kerja. Pekerja juga tidak harus mengerahkan segala potensi diri yang dimiliki dalam bekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar