Kamis, 18 Oktober 2012

Tugas Supply Chain Management


Supply Chain Management

1.      Untuk  produk biskuit kaleng yang dipasarkan di pasar lokak dan juga kebeberapa negara tetangga,  perusahaan apa sajakah yang terlibat sehingga anda bisa membeli produk tersebut disebuah supermarket ?
2.      Gambarkan supply chain management dari produk ini !

Jawab :
Pada pemasaran biskuit kaleng ini menunjukkan sebuah rangkaian yang terdiri dari supplier-supplier yang bekerja sama dalam pembuatan biskuit kaleng. Dalam pembuatan biskuit kaleng ini yang terlibat diantaranya yaitu konsumen, pabrik kemasan kaleng dan supplier bahan baku biskuit.
Dalam pembuatannya pabrik biskuit dapat membuat berbagai macam biskuit dan berbagai macam rasa yang dapat menarik konsumen untuk membeli. Pabrik biskuit kaleng mendapatkan bahan baku dari supplier bahan baku. Bahan baku dalam pembuatan biskuit ini berupa tepung terigu, telur, gula dan susu.
Selain itu pabrik biskuit juga bekerja sama dengan pabrik kemasan kaleng untuk memesan bentuk kaleng yang diinginkan berikut dengan merk biskuit tersebut. kaleng kemasan ini didapat dari penghasil seng kemudian ke supplier kaleng untuk dibuat di pabrik kemasan kaleng setelah selesai kaleng tersebut dikirim ke pabrik biskuit kaleng.
Produk biskuit yang telah jadi siap dikirim kepada distributor lokal maupun distributor luar. Distributor lokal bisa melakukan pendistribusian produk biskuit ini melalui agen, supermarket, pasar tradisional, toko pengecer. Produk yang telah disalurkan oleh distributor dapat dikonsumsi oleh konsumen di agen maupun di tempat yang telah disebutkan diatas. Proses pembuatan biskuit ini akan digambarkan dalam alur gambar supply chain management (SCM), berikut adalah gambar supply chain management produk biskuit kaleng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar